Minggu, 06 Februari 2011

5 Langkah mudah mendapatkan kuku sehat

13 Mei 2010

MERAWAT kuku penting untuk menjaga penampilan tetap rapi dan bersih. “Perangkat” sederhana dalam keseluruhan penampilan Anda yang memukau ini akan memberi nilai buruk jika tak dirawat.

Kuku terbuat dari protein yang disebut keratin. Ketika sel pada kuku terus tumbuh, keratin mendorong keluar dari ujung jari untuk membentuk kuku yang keras dan panjang.

Waspada dengan kondisi warna kuku yang tidak biasa, kutil, atau memar yang mungkin membutuhkan perhatian segera. Kuku sehat butuh upaya dan tidak dapat dicapai hanya dengan produk kuku semata. Berikut langkah-langkahnya seperti diberikan Mayo Clinic.

Langkah 1

Pijat masing-masing ujung jari selama satu menit dengan minyak almond setiap hari. Minyak almond melindungi kuku dan melembabkan kutikula untuk mencegah kutil. Langkah ini penting untuk melindungi kutikula kuku dari infeksi dan bakteri.

Langkah 2

Gunakan sarung tangan karet saat membersihkan kuku. Sebab, bahan kimia dalam produk pembersih dapat membuat kuku tumpul, tipis, dan lambat tumbuh.

Langkah 3

Konsumsi makanan dengan pola diet seimbang untuk mendapatkan gizi yang baik dan tambahkan dengan multivitamin sehari-hari. Alkohol berlebihan, nikotin, kafein, dan olahan junk food bisa membuat kuku tidak sehat.

Langkah 4

Jangan menggunakan kuku sebagai alat kerja, seperti untuk membuka surat atau menarik klip dari kertas. Hal ini menyebabkan cedera pada kuku.

Langkah 5

Rendam kuku dalam air hangat selama beberapa menit sebelum memotongnya. Tujuannya, melembutkan kuku sehingga lebih mudah dipotong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar