Rabu, 10 Agustus 2011

Kenali Tanda-Tanda Penuaan Dini

Kulit merupakan organ terluas dari tubuh kita, kesehatan kulit merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang penampilan dan kulitas hidup kita. Penuaan bukanlah sesuatu yang menakutkan, melainkan suatu proses normal yang di alami oleh semua mahluk hidup di dunia, termasuk juga manusia. Penuaan adalah proses menghilangnya secara perlahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri dan mempertahankan struktur, sehingga fungsi normal dari suatu jaringan mengalami penurunan termasuk jaringan pada organ kulit.

Fakta Ilmiah tentang Kulit :
  • Pada Usia Muda, kulit baru akan muncul ke lapisan epidermis secara priodik setiap 28 - 30 hari, dengan bertambahnya usia proses regenerasi melambat, di usia 50 thn proses regenerasi menjadi 37 hari.
  • Lapisan Dermis kulit adalah lapisan kulit yang bertanggung jawab terhadap sifat elastisitas dan kehalusan kulit. Berfungsi mensuplay makanan untuk lapisan epidermis, sebagai fondasi bagi kolagen dan serat elastin.

Tanda –Tanda penuaan yang bisa terlihat :

  • Muncul bercak hitam atau Age spot atau liver spot
Liver spot yang juga dikenal dengan age spot merupakan bercak-bercak hitam yang muncul pada penuaan kulit.
Menurut National Institutes of Health, age spot biasanya terjadi pada orang yang sering berada di bawah sinar matahari. Age spot biasanya muncul di lengan, punggung, dahi wajah, tangan dan bahu (daerah yang mudah terkena matahari). Selain menimbulkan bercak-bercak hitam atau age spot, penuaan dini juga sering menunjukkan adanya kelainan pigmen, terutama di kulit wajah.
Solusi: gunakan produk pencerah kulit dan perbanyak konsumsi vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kulit.
  • Tekstur kulit kasar
Kulit kering dan kasar juga merupakan tanda umum yang dialami saat kulit mengalami penuaan dini. Ketika kulit terlalu sering terpapar matahari, kolagen dan elastin kulit akan rusak. Kolagen berfungsi memberikan kekuatan dan elastisitas kulit, sedangkan elastin membuat kulit kencang dan fleksibel. Sebagai akibat dari kerusakan sinar matahari, kulit menjadi kering dan kasar.
Solusi:  gunakanlah pelembab  kulit yang mengandung vitamin, yang menjaga kekencangan kulit. Pastikan dalam pelembab terdapat ceramides dan stearic acid yang merupakan lemak alami untuk melindungi epidermis kulit dari iritasi.
  • Wajah terlihat kusam
Kulit menjadi kusam karena penumpukan sel mati akibat melambatnya turn over/penggantian sel kulit matiyang menjadikan kulit tampak kusam dan tidak bercahaya.
Solusi: gunakan pembersih wajah, pelembap dan penggunaan masker secara teratur.
  • Kerut dan Kendur
Penurunan elastin dan kolagen menjadikan kekenyalan kulit, terutama di daerah mata, dagu dan mulut semakin menurun.
Solusi: perbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan, vitamin A, C dan E. Kamu juga dapat menggunakan produk kecantikan kulit yang mampu untuk mengangkat dan mengencangkan kulit.

  • Pori-pori membesar
Pembesaran pori-pori juga terkait dengan penuaan kulit dini. Seiring bertambahnya usia, pori-pori tumbuh lebih besar karena penumpukan sel kulit mati di sekitar pori-pori.
Solusi: klik disini ---> http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150205859751093
  • Garis tertawa di sekitar mata
Saat kita tertawa, umumnya akan muncul garis-garis di sekitar mata dan garis-garis ini semakin nyata seiring bertambahnya usia. Garis-garis ini biasa disebut sebagai garis tertawa. Garis ini juga muncul apabila kita mengernyitkan mata.
Solusi: gunakan krim mata secara teratur dan yang tidak kalah penting adalah cukup tidur setiap hari. Penggunaan krim mata dan istirahat yang cukup dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam pada mata dan membuat mata tidak terlihat lelah.
  • Kerut di sekitar alis
Kerutan diantara kedua alis semakin tampak saat usia semakin bertambah. Kerutan ini semakin nyata saat kita mengernyitkan alis.
Solusi: lakukan senam wajah, pijat bagian wajah yang berkerut dan gunakan pelembap setiap hari.
  • Bibir kering
Penuaan wajah juga terlihat pada bibir yang terlihat kering dan tidak lagi berwarna merah atau pink.
Solusi: gunakan produk pelembap bibir atau sesekali menggunakan masker untuk bibir. Mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur dapat menjadi solusi alami yang aman untuk melembapkan bibir.

Berikut beberapa penyebab penuaan dini:
  • Polusi
Penting untuk diketahui bahwa polusi termasuk salah satu penyebab munculnya tanda penuaan dini. Polusi merupakan radikal bebas yang dapat mengacaukan sistem kerja kulit. Untuk menangkal radikal bebas, solusinya adalah antioksidan. Kamu bisa memeroleh antioksidan dari teh hijau, dark chocolatebuah-buahan, dan sayur-sayuran.
  • Rokok
Rokok dan asap rokok bisa merusak kolagen yang merupakan struktur protein paling penting pada kulit. Jika kolagen rusak, maka kerutan akan muncul dan kulit menjadi tidak kencang. Tak hanya asap rokok, nikotin yang dihisap membuat aliran darah ke kulit berkurang. Ketika aliran darah berkurang, kulit pun kekurangan nutrisi. Inilah yang kemudian membuat regenerasi sel-sel kulit tak berjalan sempurna yang diikuti dengan munculnya kerutan.
  • Paparan sinar matahari
Ancaman terbesar bagi kecantikan kulit adalah paparan sinar matahari berlebihan hingga menimbulkan hiperpigmentasi yang menyebabkan garis halus dan kerutan di wajah. Ada baiknya, hindari sinar ultraviolet matahari yang bisa merusak kulit.
  • Beberapa ekspresi wajah
Orang memiliki banyak ekspresi wajah. Ekspresi wajah ini tidak bisa dihindarkan bergantung pada situasi di mana mereka berada. Karena otot-otot wajah digunakan saat seseorang membuat ekspresi wajah, maka hal ini bisa menyebabkan pembentukkan garis-garis pada wajah dan leher.
  • Posisi Tidur
Meskipun terdengar tidak masuk akal, posisi tidur yang tidak tepat sangat berpengaruh terhadap penuaan kulit karena mengakibatkan kemunculan keriput. Kebiasaan merawat kulit yang baik harus termasuk posisi tidur yang dapat menjauhkan kamu dari pembentukan garis-garis pada wajah atau bahkan pada tubuh kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar