Minggu, 17 Oktober 2010

tips kesehatan rambut

Masalah rambut yang dialami oleh tiap individu bermacam-macam, seperti botak, rambut lepek, rambut rontok, ketombe dan rambut beruban. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut dibawah ini adalah tips untuk mengatasi masalah rambut seperti diatas, yaitu :

Botak
Apakah anda selama ini bermasalah dengan kebotakan? Bila jawaban anda iya, maka anda mesti melihat apakah orang disekitar anda, terutama keluarga anda pun mengalami hal yang serupa. Hal ini disebabkan karena kebotakan merupakan masalah genetik. Bagi seorang pria, faktor hormonal dan faktor genetik memanglah sangat besar. Tentu anda tahu bahwa kromosom diturunkan dari ayah dan ibu. Dan bila salah satu dari mereka atau bahkan mungkin keduanya mempunyai bakat pembawa masalah kebotakan, maka anda pun kemungkinan akan bermasalah dengan kebotakan.
Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk mencegah atau bahkan mengurangi laju kebotakan di kepala? Pada dasarnya, solusi kebotakan untuk pria dan wanita berbeda. Pada wanita, kebotakan disebabkan oleh kelainan pada saluran cerna, sedangkan pada pria penyebab kebotakan adalah diet tinggi lemak sehingga mengakibatkan hormone testoteron pun tinggi. Hal ini mengakibatkan kebotakan di kepala pun semakin cepat. Jadi, sembuhkanlah dulu permasalahan saluran cerna terlebih dahulu bagi wanita, dan bagi pria, lakukanlah diet sehat sehingga masalah kebotakan dapat direm.

Ketombe
Selain kebotakan, masalah rambut kepala adalah ketombe. Selama ini, anda pun sudah berusaha dengan keras untuk menghilangkan ketombe dengan cara mengganti sampo atau bahkan melakukan treatment lain untuk menyembuhkan ketombe di rambut. Memang, rambut rontok setiap hari adalah hal normal, namun bila rambut yang rontok semakin banyak, maka anda pun harus segera mengobatinya. Iklan-iklan di televisi pun berlomba-lomba meyakinkan konsumen bahwa produk merekalah yang paling tepat digunakan untuk mengurangi masalah ketombe. Sebelum anda memutuskan untuk mengganti sampo, ada baiknya anda mengetahui apa penyebab masalah ketombe. Sebenarnya, ketombe bermula dari konsumsi nutrisi yang tidak seimbang. Rambut sehat membutuhkan vitamin B2 yang bersumber dari buah alpokat yang diyakini dapat mencegah timbulnya ketombe. Dan satu lagi, akar permasalahan utama dari ketombe adalah masalah kulit kepala dan bukannya rambut. Ketombe terjadi karena sel-sel kulit mati. Nah, bila kulit kepala diberi nutrisi tepat, maka permasalahan ketombe pun tidak akan mampir pada anda.

Lepek
Masalah rambut yang lain adalah rambut lepek. Bila rambut anda lepek, maka anda terkesan tidak pernah merawat rambut karena rambut anda terlihat sangat berminyak dan basah. Solusi untuk mengurangi masalah rambut lepek adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi sekaligus mengurangi makanan berlemak. Sebaliknya, jika kulit kepala terasa kering terjadi karena faktor dehidrasi. Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Seperti kita ketahui bahwa rambut mengandung cairan sebesar 15%. Karena kurangnya cairan yang anda konsumsi mengakibatkan kulit kepala pun mengering dan ini mengakibatkan rambut anda pun bermasalah.

Rontok
Rambut rontok memang dapat menjadi masalah serius bagi kaum pria dan wanita. Selain stess, penyebab rambut rontok dapat terjadi karena akar rambut yang rapuh dan juga nutrisi yang dikonsumsi tidak cukup untuk menguatkan akar rambut. Untuk mencegah terjadinya rambut rontok, anda dapat mengkonsumsi protein dari susu rendah lemak, ikan salmon, kacang-kacangan, tahu, tempe, sayur hijau, bayam, brokoli, danbuah-buahan berwarna seperti wortel. Pada intinya, masalah rambut rontok dapat diatasi dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang sehingga dapat member makanan untuk rambut anda. Selain itu, ada pun harus mengurangi makanan junk food dan mengurangi makanan tinggi garam.

Uban
Masalah uban pada rambut tidak hanya dialami oleh orang tua saja. Namun saat ini, anak kecil, remaja dan dewasa pun terkadang sudah mengalami masalah rambut beruban. Mengapa hal ini dapat terjadi? Selain karena faktor polusi udara, rambut beruban pun dapat terjadi karena perawatan rambut yang buruk. Solusi untuk menghindari rambut uban secara dini adalah dengan melindungi rambut dengan topi saat anda harus berada di luar ruangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan polutan-polutan yang ada diudara sehingga ini mengurangi kontaminasi zat-zat di udara yang dapat merusak rambut. Selain itu, anda perlu mengetahui apa akibat dari melakukan pewarnaan rambut. Hal ini disebabkan karena rambut pun akan sering dibubuhi bahan-bahan kimia yang tentu saja mempunyai efek samping yang buruk untuk rambut anda. Walaupun demikian, ada juga kasus rambut menjadi putih karena facktor gizi. Bila seorang anak mendapatkan gizi yang baik maka rambutnya pun berwarna hitam, namun bila ia mengalami malnutrisi dan kurang vitamin, rambutnya pun kembali kusam dan memutih.

Dengan adanya masalah rambut diatas, apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah rambut? Hal pertama yang harus anda lakukan adalah kembali pada protein, mengkonsumi vitamin B, I (iron), dan juga vitamin C yang berguna untuk membantu penyerapan zat besi. Vitamin ini saling berkaitan dan saling mendukung untuk menguatkan akar rambut. Selain itu, anda pun disarankan untuk mengkonsunsi ikan, sayuran, buah-buahan dan silika yang berasal dari cabai merah dan cabai hijau, ketimun, bumbu masak seperti kunir dan jinten yang bagus untuk rambut. Dan untuk melancarkan peredaran darah dirambut, anda dapat melakukan pemijatan untuk membuka sel-sel pada kulit kepala. Nah, masalah rambut tidak akan anda alami bila anda melakukan perawatan secara benar dan juga mengkonsumsi makanan seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar