Minggu, 06 Februari 2011

HABISNYA RAMBUT ALIS DAN BULU MATA AKIBAT MADAROSIS


bulu mata HABISNYA RAMBUT ALIS DAN BULU MATA AKIBAT MADAROSISBulu mata juga bisa terserang penyakit, hingga membuatnya rontok, tumbuh ke dalam, atau bahkan tidak tumbuh. Apa saja penyakit yang bisa menyerang bulu mata?

Waspadai jika bulu mata anda rontok, bahkan tidak tumbuh. Sebab, bisa jadi itu bulu mata anda terserang penyakit. Bila dibiarkan, kondisi tersebut sangat membahayakan mata. Jika bulu mata tidak ada, otomatis bola mata tidak terlindungi. Sebab, fungsi utama bulu mata adalah melindungi bola mata dari berbagai kotoran, debu dan air.

Dr. Victor S Tandean SpM, dokter spesialis mata di RS Mitra Keluarga, menyebutkan bahwa kondisi bulu mata yang terkena penyakit, tentu sangat mengkhawatirkan karena bisa menyebabkan kornea mata terluka sehingga bisa menyebabkan kebutaan.

Memang kesannya aneh, bulu mata kok berpenyakit. Tapi, itulah faktanya dan itu belum banyak diketahui masyarakat. Cukup banyak penyakit yang bisa menyerang bulu. Berikut ini di antaranya adalah Madarosis dan Poliosi. Untuk pembahasan ini akan ditekankan pada Madarosis yaitu salah satu jenis penyakit mata yang ditandai dengan habisnya rambut alis dan bulu mata.

MADAROSIS
Madarosis atau disebut juga milphosis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan habisnya rambut alis dan bulu mata. Madarosis bisa muncul engan sendirinya, tanpa disebabkab oleh penyakit lain. Tapi, madarosis juga bisa terjadi karena menderita beberapa penyakit, seperti,:
  1. Radang Kelopak Mata, peradangan ditandai dengantepi kelopak mata bengkak, mata merah, gatal, terasa seperti terbakar, dan mata jadi peka terhadap cahaya. Radang pada tepi kelopak mata ini bisa disebabkan infeksi, alergi dan iritasi. Pada infeksi bisa terjadi pada penyakit blepharitis. Penyakit ini biasanya menyerang orang dewasa dan jarang pada anak-anak. Blepharitis menyerang tepi kelopak mata. Terinfeksinya bagian tepi kelopak mata bisa menimbulkan peradangan dan infeksi yang mneyebabkan bulu mata cepat rontok. Jangan dibiarkan, lama-kelamaan bulu mata akan habis. Sedang alergi dan iritasi bisa disebabkan penggunaan kosmetik. Terlebih maskara yang waterproff. Sebab, maskaran jenis itu lebih sulit dibersihkan sehingga memungkinkan tertumpuknya kotoran yang memicu infeksi. Infeksi bisa menyebabkan bulu mata jadi rontok bahkan habis.
  2. Penyakit Autoimun, Madarosis juga bisa disebabkan oleh penyakit autoimun, seperti lupus dan alopesia areata. Lupus menyebabkan penyumbatan di akar rambut. Hal itu mungkin juga terjadi pada bulu mata. Akibatnya, pertumbuhan bulu mata jadi terganggu. Sedang alopecia areata lebih disebabkan perubahan hormon yang bisa mengakibatkan pertumbuhan bulu mata terhambat.
  3. Tumor, Madarosis bisa juga disebabkan menghidap tumor baik tumor jinak maupun ganaa, berpotensi menyebabkan bulu mata rontok dan tidak tumbuh lagi.
  4. Keturunan, Madarosis bisa juga diderita oleh orang yang memiliki riwayat orangtua yang pernah menderita penyakit yang sama.
  5. Obat dan Racun, Penggunaan obat yang terlalu keras atau konsumsi secara berlebihan juga bisa menyebabkan bulu mata rontok. Begitu juga dengan konsumsi zat kimia yang bersifat racun, seperti arsenik, bisa membuat bulu mata rontok.
  6. Psychiatric, Kelainan jiwa juga bisa menyebabkan hilangnya bulu mata. Seperti pada penyakit trichotillomania. Penyakit itu membuat penderitanya memiliki kebiasaan mencabut rambut dan bulu matanya sendiri hingga bulu matanya hilang sama sekali.
  7. Penyakit Lain, Faktor lain yang juga bisa menyebabkan hilangnya bulu mata adalah mengidap penyakit tumor kelopak mata, kusta atau lepra, herpes zoster, trachoma, terinveksi HIV dan gangguan hypotiroid. Sedang faktor pemicunya bisa karena kekurangan gizi. Ini bisa menghambat bulu mata tersebut

5 komentar:

  1. Bagus, menambah wawasan dan sy jg sdg mencari info ini. Bgmn kl penyakit bulu mata dan alis rontok disertai dengan kaki bengkak. Kira-kira mengarah pada penyakit yang mana. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik periksa ke dokter saja mbak..

      Hapus
  2. mau tanya suami saya baru2 ini alisnya rontok dengan sendirinya akibat apa yya???

    BalasHapus
  3. lebih baik dikonsultasikan ke dokter saja ibu, kemungkinan faktor penyebabnya banyak, bisa penggunaan cream wajah, make up, sabun cuci muka dll , bisa juga faktor hormon tiroid

    BalasHapus
  4. Mau tanya anak saya umur 8 tahun dan alis matay yang sebelah kiri rontok tpi dia tidak ada keluhan sakit kira kira kenapa y

    BalasHapus