Kamis, 04 November 2010

Memutihkan Gigi

Memutihkan gigi sekarang ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yang mudah. Yang dulu hanya tersedia untuk lapisan masyarakat atas atau bintang – bintang Hollywood, sekarang dapat kita miliki. Gigi putih adalah modal paling penting untuk memiliki senyum indah menawan. Ada baiknya bila kita mengerti apa yang menyebabkan gigi menjadi kuning sehingga gigi dapat kita jaga keputihannya.
Yang menyebabkan gigi menjadi kuning adalah:
  • Tebal enamel/dinding gigi
Setiap orang mempunya tebal enamel yang berbeda. Apabila enamel seseorang tipis, maka gigi orang tersebut akan cenderung terlihat kuning, karena lapisan gigi berikutnya, dentine, berwarna kuning. Sebaliknya apabila enamel seseorang tebal, maka gigi orang tersebut cenderung terlihat lebih putih.
  • Usia
Warna gigi menggelap pada orang yang berusia lanjut karena kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dan vitamin sudah berkurang, termasuk kemampuan untuk menyerap kalsium.
  • Makanan atau minuman
Makanan yang mengandung pewarna seperti soda, kopi, teh, anggur, jeruk, dan lain lain dapat membuat warna gigi memudar. Buah yang asam juga memicu munculnya warna kuning pada gigi. Selain itu, nikotin pada rokok juga membuat gigi menjadi hitam dan berkerak.
  • Obat – obatan
Beberapa bahan kimia pada obat – obatan membuat gigi menguning, seperti pada beberapa obat antibiotik.
  • Trauma
Trauma pada gigi seperti ketika gigi terbentur pada benda keras dapat membuat saraf berdegenerasi atau mati dan gigi menghitam.
Lalu bagaimana cara agar kita dapat memutihkan gigi yang sudah terlanjur menjadi kuning?
Ada beberapa cara untuk memutihkan gigi, baik yang dapat dilakukan sendiri di rumah atau yang harus dilakukan dengan bantuan tenaga profesional, yaitu:
  • Pasta gigi pemutih
Pasta gigi ini bisa menghapus noda dipermukaan seperti yang disebabkan dari meminum kopi atau merokok, tetapi tidak dapat mengubah warna alami gigi menjadi putih.
  • Strawberry dan baking soda
Satu buah strawberry dihancurkan dan dicampur dengan 1/2 sendok teh baking soda bisa menjadi pembersih gigi yang alami. Oleskan pada gigi selama 5 menit dan lihat hasilnya. Namun praktek ini cukup lakukan sekali dalam seminggu saja untuk menjaga agar enamel gigi tidak rusak.
  • Strip pemutih
Strip plastik yang fleksibel dan mengandung gel pemutih (perokside) dipasang pada gigi selama setengah jam dua kali setiap harinya. Jika sudah digunakan selama 14 hari, keputihan gigi masih akan bertahan sekitar 4 bulan lamanya.
  • Tray pemutih
Wadah yang bisa diisi gel agen pemutih (perokside) ini pengerjaannya mirip dengan strip pemutih, tetapi gel harus diisi sendiri oleh pengguna. Waktu yang diperlukan untung memakai tray pemutih adalah selama 45 menit dalam sehari. Biasanya hasil sudah dapat dilihat setelah 3 hari.
  • Laser pemutih
Laser digunakan untuk mempercepat proses pemutihan pada gigi yang telah di oleskan gel pemutih (perokside) oleh tenaga ahli. Tak banyak waktu yang dibutuhkan untuk proses pengerjaannya, yaitu berlangsung selama 1-2 jam. Hasilnya dapat dilihat langsung saat itu juga dan bisa bertahan 1-2 tahun lamanya.
  • Veneer
Apabila gigi Anda tidak dapat putih maksimal dengan bleaching, maka Anda dapat mencoba veneer gigi. Veneer adalah lapisan tipis yang ditambal di lapisan luar gigi. Dalam proses pengerjaan veneer, permukaan luar gigi yang terlihat dari depan akan dikurangi dengan cara dibor untuk memberi ruang untuk veneer yang ditambal di lapisan luar gigi. Lapisan ini biasanya terbuat dari porcelain atau resin komposit. Bahan porcelain memberikan hasil putih yang tahan lebih lama, karenanya bahan ini lebih mahal dari bahan resin komposit. Warna gigi pun dapat Anda pilih sesuai selera Anda. Kelebihan veneer lainnya adalah untuk memperbaiki bentuk gigi yang tidak simetris atau tidak proporsional.
Apa pun cara yang pilih pastikan anda sudah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui apakah Anda cocok menggunakan perawatan tersebut dan efek samping dari perawatan tersebut. Selamat memutihkan gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar