Minggu, 16 Januari 2011

Cek kadaluarsa kosmetikmu!

 

 Meskipun di beberapa produk kosmetik tidak tertera tanggal kadaluarsa, namun bukan berarti produk tersebut aman untuk disimpan dan digunakan kembali dalam jangka waktu yang lama. Malahan, produk kosmetik yang udah nggak layak pakai sebenarnya bisa menyebabkan jerawat, infeksi, sampai kerusakan kulit. Nah, coba simak panduan masa pakai beberapa produk/alat kosmetik berikut ini dan gantilah dengan produk baru jika sudah melewati masa pakai yang dianjurkan tersebut. Waktu kadaluarsa dapat dimulai saat kamu membuka produk kosmetiknya.

Foundation, concelear, bedak: Khusus foundation cair dan concealer dapat bertahan hingga 6 bulan, sedangkan bedak dapat bertahan sekitar 1-2 tahun lamanya. Khusus untuk bedak, gantilah spons tiap 1-2 minggu jika kamu menggunakannya secara rutin setiap hari atau menggantinya ketika sudah terlihat kotor.

Lipstick & lipgloss: Produk kosmetik yang berguna untuk mempercantik bibir ini dapat bertahan sekitar 18 bulan hingga dua tahun. Namun, hentikan pemakaian dan gantilah dengan yang baru jika bibirmu mulai terasa gatal ketika mengaplikasikannya.

Lipliner & eye pencil: Produk pensil seperti ini dapat bertahan hingga satu tahun lebih, karena pensil akan diraut secara berkala dimana kuman dan bakteri pun akan ikut terbuang ketika diraut.  

Maskara: Tabung maskara yang lembab berpotensi menjadi tempat perkembang biakan bakteri. Belum lagi, maskara diaplikasikan ke daerah mata yang tentunya cukup sensitif terhadap infeksi bakteri. So, buat kamu yang menggunakan maskara setiap hari, dianjurkan untuk menggantinya setiap tiga bulan sekali. Sedangkan jika kamu menggunakannya hanya sekali-sekali atau tidak rutin, maka dapat menggantinya setiap enam bulan.

Pelembab wajah & body lotion: Pelembab wajah dapat bertahan selama setahun lebih jika tetap berada pada suhu dingin. Sedangkan body lotion dengan SPF yang cukup tinggi dianjurkan untuk menggantinya tiap satu tahun sekali, agar efektivitas SPF dapat bekerja dengan baik ke kulit. Namun, jika pelembab maupun body lotion sudah berubah warna, teksturnya mencair dan berbau segera gantilah dengan yang baru.
 Blush on dan bronzer: pewarna wajah ini dapat bertahan sekitar 6-9 bulan. Yang perlu menjadi perhatian dalam perawatan blush on maupun bronzer adalah kuas yang digunakan untuk mengaplikasikannya. Bersihkan kuas secara rutin setiap seminggu sekali dan gantilah setiap 9 bulan sekali, karena kuman dan bakteri seringkali banyak ditemui di kuas kosmetik.

*Tips:
- Masa pakai kosmetik juga dipengaruhi dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Untuk memastikan masa pakai suatu produk, kamu bisa menanyakan hal tersebut lebih detail kepada penjual produk.
- Buang dan gantilah produk kosmetik yang sudah berubah tekstur, warna dan berbau ketika dicium.
- Pastikan produk kosmetik tertutup rapat setelah digunakan agar tidak tercemar bakteri dan efektivitasnya tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar