Minggu, 06 Februari 2011

MENGENALI TANDA RAMBUT TIDAK SEHAT

Rambut yang tidak sehat harus segera diatasi agar tidak bertambah parah. Karena itu kenali tanda-tandanya agar bisa mengantisipasi lebih dini. Setidaknya ada lima tanda rambut tidak sehat, yaitu:
  • Rambut Rapuh
Rambut rabuh bisa terjadi karena proses kimia yang berlebihan, terutama pada pengeritingan dan pewarnaan. Itu terjadi karena zat kimia dalam pewarnaan dan pengeritingan sering dibiarkan terlalu lama dari yang disarankan, sehingga korteks rusak.
Padahal, kekuatan rambut manusia berada di korteks yang terdiri atas serat-serat lepasan dari keratin protein dalam kandungan yang kaya sulfur.
Korteks adalah kunci rambut sehat, karena di dalamnnya tersimpan sebagian besar pelembab rambut. Protein yang tebal dari korteks akan menahan air sehingga rambut mengembang dan berkilau.
  • Rambut Bercabang
Rambut bercabang terjadi karena rusaknya kutikula, yang seharusnya berfungsi melindungi permukaan korteks. Percabangan itu juga bisa terjadi karena pemakaian gunting yang tidak cukup tajam.
Pemotongan rambut secara teratur oleh penata rambut profesional sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah rambut bercabang.
  • Rambut Kering
Rambut kering diindikasikan dengan permukaan kasar, karena hilangnya pelembab alaminya. Itu terutama terjadi di daerah panas dan kering. Sebab, di daerah itu, kutikula rambut terangkat oleh pancaran sinar matahari, sehingga pelembab dalam batang rambut mneguap.
  • Rambut Kusam
Rambut kusam terjadi karena hilangnya kutikula. Ini dapat terjadi karena pigmen warna rambut, baik alami maupun buatan, mudah hilang oleh paparan sinar matahari.
Selain itu, debu dan kotoran yang menempel di batang rambut juga dapat menyebabkan rambut jadi kusam. Karena itu keramas teratur sangat dianjurkan.
  • Rabut Sudah Diatur
Rambut sudah diatur biasa terjadi pada rambut yang tidak mendapat perawatan dengan baik. Sehingga, pelembab dan elastisitas rambut berkurang yang mengakibatkan rambut menjadi kaku.
Rambut yang terlalu kering akan mengandung elektrostatis tinggi, sehingga sulit diatur. Rambut jenis ini kutikulanya hilang, sehingga menjadi kasar. Rambut yang kasar sulit disisir karena akan saling menyimpul satu sama lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar