Senin, 08 Agustus 2011

Tetap Cantik dan Fresh Saat Berpuasa

Berpuasa merupakan satu aktifitas yang berkaitan langsung dengan sistem kerja tubuh. Ketika tidak berpuasa, sepanjang waktu organ-organ di dalam tubuh kita bekerja secara maksimal. Metabolisme tubuh bekerja secara normal dan seimbang. Namun ketika kita berpuasa, kebutuhan makanan dan cairan menjadi berkurang. Dampaknya kita lebih mudah merasa haus, tubuh terasa lebih panas, dan kering. Begitu juga kulit, terlihat lebih kering. Hal ini akan terasa lebih kuat pada mereka yang memiliki jenis kulit kering. Kekeringan ini tentu terasa sangat tak nyaman. Itu sebabnya, kita harus pandai-pandai menyiasatinya supaya kita tetap merasa nyaman dan fresh kendati dalam kondisi berpuasa. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan agar dapat tetap menjalankan ibadah puasa dengan stamina terjaga dan kulit yang mempesona:
  • Tidur cukup
Usahakan agar kamu mempunyai tidur yang cukup untuk memulihkan kembali sel-sel otot dan organ tubuh, sehingga badan menjadi tetap segar. Dan hindarilah banyak tidur karena dapat membuat badan kita menjadi lemas dan kulit menjadi lebih kering.
  • Membersihkan wajah
Setelah melakukan aktifitas seharian, sebaiknya bersihkanlah wajah dengan susu pembersih agar terlihat kembali segar dan sehat. Lakukan scrubbing masker wajah secara rutin agar wajah tidak kusam, dan sebaiknya sebelum beraktifitas di luar rumah atau di luar ruangan memakai pelembab dan tabir surya agar wajah terlihat selau ceria, sehat dan berseri.
  • Gunakan Hand and Body lotion
Selain melakukan perawatan dari dalam tubuh, sebaiknya lakukan juga perawatan dan perlindungan dari luar. Untuk itu gunakanlah hand body ke seluruh tubuh agar kulit tidak terlihat kering.
  • Minum air 6 - 8 gelas perhari
Untuk mencegah timbulnya dehidrasi saat menjalankan puasa, sebaiknya minumlah air putih 6 - 8 gelas perhari. Saat berpuasa bisa disiasati dengan memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Sebaiknya hindarilah minuman yang mengandung soda atau minuman dingin saat berbuka dan sahur, karena dapat memberikan efek yang tidak baik bagi pencernaan tubuh kita.
  • Konsumsi buah dan vitamin
Sebaiknya konsumsilah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E, karena vitamin ini dibutuhkan untuk mengontrol cairan tubuh, kelembaban kulit, dan memberikan cadangan energi sepanjang hari.
  • Latihan fisik ringan selama berpuasa
Pada saat berpuasa, usahakan untuk tetap beraktivitas. Jangan turuti rasa lemas kamu dengan tidur seharian. Aktifitas fisik justru dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo dan lemah. Pilihlah olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka.
  • Jangan ‘balas dendam’ saat berbuka puasa
Pada saat berbuka, hindari ‘balas dendam’ dengan mengkonsumsi semua makanan yang dihidangkan. Karena hal tersebut hanya akan menimbun kembali kalori yang berhasil kamu buang saat berpuasa di siang hari. Berbukalah secukupnya saja dengan makanan ringan menu berbuka puasa seperti kolak, kurma, pudding atau minum segelas jus buah. Setelah tubuh kamu terasa lebih segar dan bertenaga, lakukanlah ibadah shalat Magrib terlebih dahulu, kemudian kamu bersantap hidangan utama. Pilihlah menu yang seimbang antara karbohidrat, protein dan serat. Ingat, santaplah dengan menu secukupnya, jangan berlebihan.
  • Tersenyum
Selama berpuasa, tersenyumlah. Selain menambah pahala, senyum dapat meregangkan otot-otot wajah, sehingga penampilan kamu akan selalu terlihat segar. Agar percaya diri ketika senyum, jagalah bau nafas kamu ketika berpuasa dengan menghindari makanan pemicu bau mulut, kemudian jangan lupa sikat gigi dan berkumur dengan benar ketika sahur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar