Sabtu, 05 Maret 2011

Tepat Memilih Sepatu

Apa yang kamu perhatikan pertama kali saat memilih sepatu? Warna, ukuran, bahan, atau model dan bentuknya? Bagaimana dengan  kenyamanannya?



Sepatu yang tepat dapat membentuk perkembangan tulang dan otot yang baik, bahkan dapat mencegah timbulnya problem kaki yang mempengaruhi seseorang seumur hidup, misalnya kelainan yang bisa timbul dari kaki, lutut sampai tulang belakang. Hmmm, nggak mau kan?! Nah, berikut panduan dalam memilih sepatu yang tepat :
Kualitas adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan! Sepatu mahal tidak menjadi jaminan sepatu pilihan. Jangan malas untuk mengecek sepatu yang ingin dibeli sebelum mencobanya, seperti kulit, kerapian jahitan, sol sepatu, serta bentuk dan keseimbangan hak sepatu.
Jangan lupa memeriksa potongan bentuk sepatu! Sepatu akan menopang seluruh berat tubuh kita. Oleh karena itu sangat penting memilih bentuk sepatu yang sesuai dengan berat tubuh. Misalnya, wanita bertubuh besar tidak disarankan memakai sepatu stiletto dengan hak tipis, karena dikhawatirkan dapat berbahaya bagi keseimbangan tubuhnya. Rasa tidak nyaman, terkilir bahkan kelainan pada tulang kaki juga bisa terjadi akibat salah memilih bentuk sepatu.
Setelah memastikan kualitas dan potongan sepatu, kamu bisa mencoba sepatu tersebut dan berjalanlah! Usahakan untuk berjalan di lantai yang keras. Biasanya butik sepatu sengaja melapisi lantainya dengan karpet tebal, sehingga saat kamu mencoba sepatu, semuanya terasa nyaman saat dipakai berjalan. Untuk mengetahui kenyamanan yang sesungguhnya, cobalah berjalan di lantai yang lebih keras.
Punggung kaki harus masuk dengan pas! Pada bagian ini, punggung sepatu tidak boleh longgar karena hal ini berguna untuk menyangga posisi jari-jari kaki agar tetap rileks. Setelah itu, rasakan seolah-olah sepatu kamu dapat “memegang” kaki sehingga kamu tidak mudah lelah dan sakit di jeriji kaki bila harus berjalan maupun berlari.
Setiap label sepatu tidak selalu memiliki ukuran yang sama. Jadi sebaiknya benar-benar pilih yang ukurannya sesuai untuk kamu, sehingga sepatu terasa nyaman saat dipakai. Tinggi hak pun mesti diperhatikan. Jangan memaksakan membeli sepatu ber-hak tinggi demi alasan trend jika memang tak nyaman untuk kamu. Para ahli berpendapat, sepatu berhak 5 cm adalah batas maksimal bagi wanita, sedangkan batas maksimal tinggi hak sepatu pria adalah 1,5 cm. Jangan lupa sesuaikan juga tinggi hak sepatu dengan kinerja kamu. Bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan sering berada di luar ruangan, memakai sepatu berhak terlalu tinggi akan membuat kamu kurang nyaman.

Jadi, pilihlah sepatu yang tepat, pas, nyaman, dan berkualitas karena sepatu yang tidak pas di kaki bisa menyebabkan kaki menjadi sakit, lecet/luka, dan lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar