Selasa, 19 Juli 2011

Agar Lutut dan Siku Tidak Berwarna Hitam

Kulit lutut dan siku adalah bagian kulit yang cukup tebal dan kasar daripada bagian kulit sekitarnya, karena menjadi lokasi menumpuknya kulit mati. Keadaan kulit yang kering membuat kulit siku dan lutut jadi kasar dan jika didiamkan akan terlihat menghitam. Hal ini tentu membuat kulit kamu terkesan tua.
Nampaknya percuma saja, jika kulit tubuh sudah dirawat sedemikan rupa tapi lutut dan sikunya kasar dan hitam, penampilan jadi nggak ok lagi. Kita pun menjadi risih karena masalah ini. Nah, ada berbagai hal yang memicu terjadinya warna lebih gelap pada siku dan lutut kamu.
  • Melanin (pigmen kulit) merupakan zat penentu cerah tidaknya kulit kamu. Semakin banyak kandungan melamin pada kulit, maka kulit kamu akan semakin gelap. Berdasarkan fakta, siku dan lutut memiliki lapisan kulit yang lebih tebal dibandingkan lapisan kulit lainnya. Dengan kata lain, dua bagian tubuh ini memiliki kandungan melanin lebih banyak dari bagian tubuh lainnya yang menyebabkan semakin gelapnya kulit siku dan lutut kamu.
  • Pernahkah kamu berlutut, misalnya saat menemani anak bermain di lantai, atau bertopang dagu, misalnya saat kamu berkhayal atau memikirkan hal yang serius? Nah, jika kamu melakukan hal tersebut maka kamu telah melakukan tindak kekerasan pada kulit siku dan lutut kamu. Tindakan penekanan pada kulit seperti ini paling sering terjadi pada siku dan lutut kamu bukan? Itulah mengapa, kulit membentuk ‘benteng pertahanan’ yang biasanya kita kenal dengan risa atau belulang atau kapalan, yang jika terkena radiasi sinar matahari akan sangat mudah membuat tampilan kulit menjadi lebih gelap.

Berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi permasalahan ini:
  • Untuk mengangkat kulit mati gunakan sikat halus khusus mandi, sikatlah di area siku dan lutut perlahan dan bilas, gunakan body scub juga untuk menghaluskannya, tambahkan garam mandi. Gosok perlahan beberapa menit, lakukan perawatan ini setiap hari saat mandi.
  • Gunakan hand body yang mengandung AHA untuk membantu mengatasi kulit mati sekitar lutut dan siku.
  • Lakukan scrubbing dengan lemon. Potong lemon menjadi beberapa bagian, lalu gosokan langsung pada lutut dan siku yang membandel, bilas dengan sabun, lalu keringkan. Atau campur perasan jeruk lemon beserta gula pasir atau garam, gosokan pada bagian lutut dan siku, bilas dengan air dan keringkan. Ulangi perawatan ini dua hari sekali, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sebaiknya tetap menggunakan body lotion mengandung AHA dikombinasikan dengan scrubbing lemon.
  • Usapkan ekstrak jeruk nipis pada siku dan lutut kamu yang bermasalah, lalu biarkan hingga 10 - 15 menit. Setelah itu, basahilah handuk dengan air hangat untuk mengusap dua bagian tersebut. Lakukan langkah ini dengan lembut dan perlahan.
  • Buatlah ramuan yang terbuat dari campuran 1 sdt minyak kelapa dengan 1/2 sdt ekstrak jeruk nipis. Kemudian gunakan ramuan ini dengan langkah-langkah yang sama seperti pada tips sebelumnya. Jeruk nipis merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekulnya, bagus untuk mencerahkan warna kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar