Senin, 20 Juni 2011

Lindungi Kulit Saat Cuaca Dingin

Udara dingin menyerap kelembaban kulit. Lakukan perawatan agar kulit tak menjadi kering.
VIVAnews – Dalam merawat kulit Anda harus selalu menyesuaikan dengan cuaca. Di saat cuaca hujan seperti sekarang, kulit membutuhkan pelembab agar tidak kering.

Cuaca dingin bisa menyebabkan kulit kering. Hal itu terjadi karena pertemuan temperatur dan kelembaban udara yang rendah serta angin pada cuaca dingin bisa membuat cairan alami penjaga kelembaban kulit akan berkurang. Oleh karena itu jangan mengabaikan perawatan kulit saat musim dingin.

Ada beberapa cara agar kulit Anda tetap terjaga saat cuaca dingin.

1. Mandi dengan air hangat
Saat cuaca dingin memang sangat pas mandi dengan air hangat. Ketika mandi pastikan air yang Anda gunakan dalam kondisi hangat. Jika air yang dipakai terlalu panas, cairan alami penjaga kelembaban kulit akan terangkat. Hal itu tentu akan membuat kulit Anda menjadi kering. Mulai sekarang, saat dingin jangan mandi dengan air yang terlalu panas, agar kulit Anda terjaga kelembabannya.

2. Oleskan pelembab setelah mandi dan cuci tangan

Pelembab adalah kunci dari kelembutan kulit Anda. Selalu oleskan kembali pelembab setelah kulit Anda terkena air. Akan lebih baik jika Anda mengoleskan pelembab setelah mengeringkan kulit dengan handuk. Selalu bawa pelembab kulit di kemanapun Anda pergi. Oleskan pelembab pada semua bagian tubuh. Mulai dari wajah, tangan, hingga telapak kaki.

3. Gunakan masker pelembab wajah secara teratur
Menggunakan masker pelembab secara teratur akan membuat kulit wajah Anda terjaga kelembabannya. Untuk itu, gunakanlah satu hingga dua minggu sekali. Kandungan masker akan menyerap langsung pada kulit wajah sehingga menjadi lebih lembut dan kenyal.

4. Pilih sabun mandi berpelembab

Saat mandi gunakanlah sabun yang memiliki pelembab. Selain kulit Anda menjadi bersih, kelembabannya juga tetap terjaga. Pilihlah sabun mandi yang mengandung glycerin atau petrolatum.

5. Minum air putih secukupnya
Saat cuaca dingin Anda membutuhkan lebih banyak air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Biasanya saat cuaca dingin Anda tidak merasa haus, sehingga tidak minum. Padahal tubuh kekurangan cairan dan bisa mengalami dehidrasi. Minumlah minimal delapan gelas sehari meskipun Anda tidak merasa haus. Jika kebutuhan tubuh akan cairan terpenuhi, kulit Anda menjadi sehat dan lembut.

6. Jaga kelembaban bibir

Cuaca dingin bisa membuat bibir menjadi kering, pecah bahkan berdarah. Jangan sering membasahi bibir dengan lidah. Hal itu akan membuat bibir justru semakin kering. Dengan membasahinya dengan lidah, air liur akan menempel di permukaan bibir, sehingga pelembab alami yang diproduksi bibir ikut terbawa. Selalu oleskan pelembab bibir.

7. Pakai pelindung tambahan
Setelah mengoleskan pelembab kulit akan lebih baik jika Anda memakai pelindung tambahan. Seperti jaket, dan kaus kaki. Selain menjaga agar pelembab tidak kering terkena udara dingin, tubuh Anda akan terasa lebih hangat.

8. Konsumsi pil minyak ikan

Studi terbaru menunjukkan bahwa pil minyak ikan akan membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Kandungan minyak dan omega 3 di dalamnya cukup tinggi. Setelah mengonsumsi pil minyak ikan selama enam minggu, tidak hanya kulit Anda yang jadi lebih kenyal, rambut dan kuku juga menjadi lebih sehat.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar