Selasa, 21 Juni 2011

8 Langkah Meninggalkan Pencatok Rambut

8 Langkah Meninggalkan Pencatok Rambut. Pencatok sering kali dijadikan jalan pintas untuk membuat rambut keriting atau ikal menjadi lurus. Hal ini memang dapat membuat Anda terlihat lebih menarik secara instan, namun dibalik itu hal buruk mengancam kesehatan rambut.

Tak jarang wanita menjadi ketergantungan dengan pencatok rambut, padahal ada berbagai cara untuk meningkatkan penampilan dengan struktur rambut yang asli. Kuncinya adalah dengan merasa cantik dan melakukan yang terbaik untuk rambut Anda.
Berikut ini beberapa langkah yang bisa diikuti untuk melepas ketergantungan dengan alat pencatok yang dapat merusak rambut :
Akui ketergantungan Anda
Sering menggunakan pencatok dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Untuk memulai menghilangkan ketergantungan terhadap pencatok, akui bahwa selama ini Anda telah tergantung pada alat ini dan yakinkan diri Anda bahwa pencatok tidak lagi membuat Anda terlihat lebih cantik.
Sembunyikan
Untuk membantu melupakan pencatok, cobalah sembunyikan alat itu. Anda bisa meminta bantuan teman untuk menyembunyikannya atau jika Anda benar-benar bersemangat, buang jauh-jauh. Pilihan apapun yang Anda ambil akan mengurangi ketergantungan terhadap pencatok.
Kenali struktur asli rambut
Berkeramaslah dan biarkan rambut kering dengan sendirinya. Perhatikan apakah tekstur asli rambut Anda. Pelajari tentang jenis-jenis rambut keriting atau bergelombang untuk memudahkan menata rambut.
Semangati diri
Lihatlah diri Anda di kaca dan katakan pada diri sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja. Struktur rambut alami Anda mungkin tidak akan membuat Anda terlihat menarik. Tetapi yakinkan diri bahwa ada cara lain untuk membuat penampilan lebih menarik tanpa pencatok.
Perbaiki rambut
Memperbaiki rambut yang telah rusak karena pencatok merupakan langkah awal perjalanan Anda dengan struktur alami rambut. Ada banyak sekali produk yang dapat memperbaiki rambut rusak seperti perawatan minyak panas (hot oil treatment), re-conditioner treatment, minyak jojoba dan masker rambut atau deep conditioner.
Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk memperbaiki struktur rambut. Mulai dari madu, minyak zaitun, hingga cuka bisa membantu memperbaiki rambut yang rusak.
Perlu diingat, dalam memperbaiki rambut dibutuhkan waktu. Semakin rusak rambut Anda, semakin lama perawatannya. Jadi bersabarlah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Investasi pada shampo dan kondisioner
Cobalah menggunakan shampo yang bebas terhadap kandungan sulfat (sulfate-free). Sulfat dapat membuat rambut menjadi kering dan kusut. Untuk kondisioner, pilihlah yang diformulasikan untuk memperbaiki rambut dari kerusakan.
Potong rambut
Memotong rambut merupakan cara efektif untuk mendapatkan penampilan yang baru. Berkonsultasilah dengan kapster, model rambut apa yang cocok untuk struktur rambut asli Anda. Sebaiknya pilihlah model yang aman, model yang membuat Anda nyaman dan merasa cantik.
Menata rambut
Sebelum Anda mengambil pencatok rambut lagi, pelajari gaya rambut seperti apa saja yang bisa Anda aplikasikan, tentunya di jalan yang sehat. Lihatlah penataan rambut di majalah atau internet dan cari tahu bagaimana cara mengaplikasikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar