Sabtu, 18 Juni 2011

Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan

Mungkin orang hanya mengetahui bahwa air kelapa muda adalah hanya dapat memuaskan dahaga orang. Membuat orang segar kembali setelah kehausan dan kelelahan. Tapi nggak hanya sebatas itu saja lho!  Air kelapa muda punya banyak kandungan berharga untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut khasiat air kelapa muda :
  • Gatal dan eksim
Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan pada bagian tubuh yang terkena gatal, eksim, luka, atau telapak kaki pecah. Lakukan setiap hari selama 3-4 hari.
  • Luka bakar
Sediakan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih. Campur dengan air kelapa. Oleskan pada bagian yang terkena luka bakar, misalnya pada telapak tangan atau telapak kaki. Rasa panas pun akan cepat hilang.
  • Menghilangkan jerawat dan Mencegah kerutan
Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.
  • Mencegah uban
Air kelapa hijau dicampur dengan satu sendok teh garam. Gunakan untuk mencuci rambut guna mencegah tumbuhnya uban.
  • Menghilangkan Ketombe
Ambil setengah butir kelapa tua dan seperempat nanas mengkal. Parut keduanya dan ambil airnya. Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis dan satu setengah gelas air kelapa hingga merata, biarkan selama 15 menit. Cuci hingga bersih dan gunakan satu minggu sekali.
  • Mengurangi Minyak Wajah
Ambil satu buah kelapa dan parut. Tambahkan air sedikit agar parutan kelapa menjadi bubur. Tempelkan pada seluruh wajah, kecuali area mata. Untuk mata, tempelkan irisan mentimun. Biarkan selama 20-30 menit. Bersihkan parutan kelapa dan bilas dengan air dingin.
  • Melembabkan Rambut
Ambil air dari satu butir kelapa yang tidak terlalu tua. Masukkan air kelapa ke dalam air dengan perbandingan satu banding satu. Basuhkan ke rambut yang sudah dikeramas. Keringkan. Lakukan setiap kali keramas agar rambut lebih lembab.
  • Menyamarkan Lutut dan Siku Yang Menghitam
Ambil jeruk lemon ukuran sedang, belah jadi dua dan ambil airnya. Sisihkan air perasan itu, karena saat ini yang kamu butuhkan adalah lemonnya. Teteskan setengah sendok teh minyak kelapa ke lemon, lalu usap perlahan namun berulang ke bagian lutut dan siku yang menghitam, sambil digosok secara lembut. Lakukan berkali-kali sampai lemon dan minyak kelapa habis, lalu bersihkan. Lakukan setiap hari sampai warna hitamnya memudar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar